» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Liputan Khusus
PKKMB FISIP Di Tengah-Tengah Amerta, Begini Kata Maba
25 Agustus 2023 | Liputan Khusus | Dibaca 246 kali
PKKMB FISIP Di Tengah-Tengah Amerta, Begini Kata Maba: - Foto: Dokumentasi Pribadi
PKKMB FISIP dimulai Rabu (23/08/2023) ini. Ditinjau dari linimasa ospek secara keseluruhan, pelaksanaan PKKMB fakultas ini berada di tengah-tengah ospek universitas. Acara yang saling berhimpitan ini menimbulkan berbagai macam tanggapan dari mahasiswa baru FISIP.

Retorika.id - PKKMB Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) resmi dimulai Rabu (23/08/2023). Jika ditinjau dari linimasa ospek secara keseluruhan, pelaksanaan PKKMB FISIP berada di tengah-tengah ospek universitas, tepatnya pada hari keenam Amerta. Hal ini menimbulkan berbagai macam reaksi dari mahasiswa baru.

Beberapa mahasiswa baru yang menolak disebutkan identitasnya berpendapat bahwa hal tersebut cukup berpengaruh pada beban tugas yang mereka terima. Pemberian tugas yang mendadak dan tenggat waktu yang serba mepet menjadi salah satu keluhan mereka dalam menjalani PKKMB Fakultas.

"Tenggat waktu tugas ospek univ dengan tanggal kegiatan di fakultas hampir sama, jadi banyak kegiatan yang bentrok dengan tugas,"


jelas salah satu mahasiswa anonim tersebut. 

Keluhan tersebut didukung oleh mahasiswa lain. Karina Novia, mahasiswa baru jurusan Administrasi Publik, menyatakan bahwa keberadaan tugas Amerta—bahkan ketika PKKMB Fakultas pun—menjadi tantangan tersendiri untuknya.

"Memang kalau sudah dikasih tanggung jawab begitu, mau gak mau harus diselesaikan sih. Cuma, ya, temen-temenku sendiri ngerasain bebannya. Seenggaknya ya dikurangi gitu lah tugasnya," harapnya.

Selain tenggat waktu dan beban tugas, miskomunikasi mengenai penulisan materi juga menjadi salah satu hal yang disayangkan para mahasiswa baru.

"Di ospek fakultas itu dikasih tugas bikin booklet. Terus tadi aku sempat tanya ke panitianya, apakah materi PKKMB dicatat di booklet tersebut. Kata panitianya iya. Tapi setelah itu, ada klarifikasi kalau ternyata gak perlu ditulis di buku itu," tutur Karina.

Rupanya, hal tersebut sedikit membuat ia tidak nyaman. "Nanti kan kalau salah, tetep aku ya yang dimarahin. Jadinya agak beban aja."

Ketika dimintai klarifikasi mengenai miskomunikasi ini, salah satu panitia menjelaskan bahwa hal tersebut mungkin terjadi karena tidak ada briefing mengenai kejelasan rangkaian acara PKKMB. Maka dari itu, banyak mahasiswa baru yang mengira PKKMB termasuk dalam rangkaian acara ospek fakultas.

"Tadi pagi waktu dikumpulin buat persiapan ospek fakultas cuma menjelaskan konsepnya aja. Jadi nggak ada yang ngejelasin perbedaan PKKMB sama ospek fakultas. Mungkin karena itu jadi bingung," ungkap panitia tersebut, Zulfiqar.

Para mahasiswa baru yang diwawancarai oleh Tim Retorika berharap hal-hal di atas bisa dijadikan evaluasi. "Terutama untuk masalah miskomunikasi, sih. Semoga itu bisa dijadikan bahan evaluasi," kata Karina, salah satu mahasiswa baru.

 

 

Penulis: Vraza Cecilia & Nur Hidayah

Editor: Jingga Ramadhintya

 


TAG#akademik  #aspirasi  #fisip-unair  #universitas-airlangga