» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Selangkah Lagi Melihat HIMA Sosiologi Cair
13 Juni 2021 | Info Kampus | Dibaca 214 kali
Selangkah Lagi Melihat HIMA Sosiologi Cair: - Foto: DOKUMENTASI PRIBADI/Awan Hermawan
Pada Kamis malam (3/6), Mahasiswa Sosiologi dari berbagai angkatan berkumpul dalam satu ruangan Zoom. Berkumpulnya mahasiswa Sosiologi ini bertujuan untuk mendengarkan visi-misi serta program kerja dari 2 bakal calon ketua HIMA yang terpilih melalui mekanisme voting.

retorika.id- Setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya HIMA Sosiologi memiliki titik terang. Kamis (3/6), mahasiswa sosiologi dikumpulkan di satu ruangan Zoom untuk mendengar penyampaian Visi-Misi dan program kerja yang dimiliki oleh 2 bakal calon ketua HIMA.

“Persiapan pembentukan KPU sebelumnya sangat singkat kurang lebih hanya membutuhkan waktu 3 hari, dan mayoritas bakal calon ketua HIMA Sosiologi berasal dari angkatan 2019,” ucap Farhan Ramadhan selaku Komting Sosiologi 2019.

Bakal calon ketua HIMA Sosiologi yang terpilih yaitu M. Zakky Roihul dan Candra Pratama diperoleh dari hasil voting yang dilakukan oleh mahasiswa Sosiologi angkatan 2019 dengan hasil 20 suara untuk calon ketua HIMA nomor urut 1, dan 28 suara untuk calon ketua HIMA nomor urut 2.

Keduanya menyampaikan Visi-Misi serta program kerja dengan dipandu oleh presidium yang dihadapkan oleh para Mahasiswa Sosiologi yang hadir. Diawali oleh penyampain Visi-Misi dari calon ketua

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

HIMA nomor urut 1 yaitu M. Zakky Roihul:

Visi      : 

(1)   Mewujudkan semboyan meksosiologi great again sebagai wadah untuk menampung, mengembangkan, dan menunjang kemampuan mahasiswa dalam bidang akademis maupun non akademis

(2)   Menjadi himpunan mahasiswa yang taat akan Tri Dharma pendidikan yang kreatif, inovatif, berintegrasi, dan bermoral

Misi     :

(1)   Melakukan kolaborasi dengan berbagai unsur perguruan tinggi untuk mewujudkan Tri Dharma pendidikan.

(2)   Mengadakan berbagai pelatihan untuk menunjang mahasiswa di dunia perkuliahan maupun dunia kerja.

(3)   Meningkatkan inovasi dan kreativitas yang diadakan melalui acara-acara berbagai himpunan.

Selanjutnya, penyampaian Visi-Misi dari calon ketua HIMA nomor urut 2 Candra Pratama:

Visi      :

(1)   Mewujudkan Mahasiswa Sosiologi yang inovatif dan kreatif

(2)   Mewujudkan HIMA sebagai wadah atau tempat untuk memfasilitasi kegiatan prestasi baik akademik maupun non-akademik

Sebelum pemaparan program kerja, Zakky selaku calon ketua HIMA nomor urut 1 memiliki harapan terkait dari output dan outcome yang dihasilkan nantinya, seperti meningkatkan kreativitas, menambah pengalaman dalam penyelesaian suatu masalah, dan membentuk karakter serta pribadi yang tangguh dalam menjalani kehidupan akademis maupun non-akademis.

Selain itu, ada enam program kerja yang akan ia lakukan ketika ia terpilih menjadi ketua HIMA yaitu: (1) Seminar pelatihan yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi kebutuhan mahasiswa seperti pelatihan, magang, dan sebagainya; (2) Pengabdian masyarakat; (3) Penelitian dan berkolaborasi dengan dosen atau pihak lain dan salah satunya untuk PKM; (4) Mentoring; (5) Minat dan bakat yang diharapkan dapat dilakukan setiap tahunnya seperti pentas seni.

Disisi lain, calon ketua HIMA nomor urut  2 yaitu Candra Pratama juga turut mengungkapan 5 program kerja unggulannya, yaitu: (1) SEMPULUR (Seminar Dulur) seperti diskusi ringan atau seminar umum; (2) Olimpiade sosiologi tingkat nasional; (3) Pendampingan PKM dan PKM dijadikan sebagai salah satu wadah; (4) Pengabdian masyarakat; (5) Senar atau kegiatan di sekitar trotoar seperti menuangkan dalam bentuk musik, sastra, fotografi, dan lainnya.

Masing-masing program kerja yang dicanangkan oleh Chandra selaku calon ketua HIMA nomor urut  2 memiliki target waktu yang cukup panjang, salah satunya terdapat proker yang ditargetkan tiga bulan.

Untuk ke depan, ketua HIMA akan dipilih oleh Departemen Sosiologi. Papa tahap pemilihan tentunya  berdasarkan oleh, KTM, CV, serta rancangan besar Hima yang berupa Visi-Misi serta program kerja yang sudah disampaikan.

 

Penulis: Awan Hermawan dan Kadek Putri Maharani

Editor: Dina Marga H


TAG#dinamika-kampus  #fisip-unair  #gagasan  #