» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Pop Culture
Makna di Balik Lagu Tulus “Hati-Hati di Jalan” yang Berhasil Mendunia
19 April 2022 | Pop Culture | Dibaca 242 kali
Makna di Balik Lagu Tulus “Hati-Hati di Jalan” yang Berhasil Mendunia: - Foto: suara.com
Setelah lama tidak mengeluarkan album, akhirnya Tulus merilis karya barunya dengan album yang bertajuk "manusia”. Lagu yang paling populer ialah "Hati-hati di Jalan" berhasil menarik atensi pecinta musik dan meraih beragam prestasi.

retorika.id- Belantika musik tengah diguncang lagu terbaru dari penyanyi solo pria, yakni Tulus dengan judul " Hati-Hati di Jalan". Setelah lama tidak mengeluarkan album selama enam tahun terakhir, karya dari Tulus ini berhasil menarik atensi bahkan menghipnotis telinga para penikmat musik.

Lagu "Hati-Hati di Jalan" merupakan salah satu lagu di album baru Tulus yang ke-empat, secara keseluruhan di album tersebut terdapat 10 lagu diantaranya,Tujuh Belas, Kelana, Remedi, Interaksi,  Ingkar, Jatuh Suka, Nala, Hati-hati Di Jalan, Diri, dan Satu Kali. Album ini telah rilis pada 3 Maret 2022  dengan tajuk "Manusia" yang mana sangat merepresentasikan perjalanan hidup atau kisah hidup, sehingga tidak heran beberapa hari setelah rilis langsung menjadi trending.

Album ini merupakan sebagai sebuah bentuk apresiasi Tulus yang telah satu dekade mewarnai dunia per-musikan. Lagu yang paling popular diantara semuanya adalah "Hati-Hati di Jalan", berikut liriknya yang penuh dengan makna:

Perjalanan membawamu

Bertemu denganku, ku bertemu kamu

Sepertimu yang kucari

Konon aku juga s'perti yang kaucari

Kukira kita asam dan garam

Dan kita bertemu di belanga

Kisah yang ternyata tak seindah itu

 

Kukira kita akan bersama

Begitu banyak yang sama

Latarmu dan latarku

Kukira takkan ada kendala

Kukira ini 'kan

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

mudah

Kau-aku jadi kita

 

Kasih sayangmu membekas

Redam kini sudah pijar istimewa

Entah apa maksud dunia

Tentang ujung cerita, kita tak bersama

 

Semoga rindu ini menghilang

Konon katanya waktu sembuhkan

Akan adakah lagi yang sepertimu?

 

Kukira kita akan bersama

Begitu banyak yang sama

Latarmu dan latarku

Kukira takkan ada kendala

Kukira ini 'kan mudah

Kau-aku jadi kita

 

Kau melanjutkan perjalananmu

Ku melanjutkan perjalananku

Uh-uh, hu-uh-uh

 

Kukira kita akan bersama

Begitu banyak yang sama

Latarmu dan latarku

 

Kukira takkan ada kendala

Kukira ini 'kan mudah

Kau-aku jadi kita

Kukira kita akan bersama

 

Hati-hati di jalan

 

Dengan lirik yang indah, alunan musik yang melankolis dan suara Tulus yang halus, lagu ini menjadi berhasil mengoyak perasaan.

Lagu "Hati-Hati di Jalan" ini bercerita tentang adanya sebuah pertemuan dengan seseorang yang istimewa.  Konon seseorang tersebut adalah sosok yang dicari, hingga keduanya memiliki perasaan yang sama dan memutuskan untuk menjalin hubungan karena memiliki kesamaan latar dan cocok dalam hal apapun.

Karena kecocokan tersebut, kedua insan mengira bahwa nanti akan dapat hidup bersama diliputi rasa bahagia, aku dan kamu menjadi kita. Namun mirisnya takdir berkata lain, keduanya memilih untuk berpisah dan melanjutkan perjalanan hidupnya masing-masing karena tidak dapat untuk sejalan "Kau melanjutkan perjalananmu, Ku melanjutkan perjalananku".

Lagu ini tentunya sangat relate dengan kehidupan asmara kebanyakan orang, utamanya kawula muda yang sedang berpetualang mencari pasangan hidup. Ringkasnya, makna dari lagu ini adalah pertemuan dan perpisahan antara kedua insan. Seringkali untuk menemukan kebahagiaan, seseorang harus dihadapkan pada kesedihan terlebih dahulu.

Perlu di ingat bahwa tidak semua pertemuan itu berakhir dengan indah dan memberi kebersamaan, terkadang pertemuan itu bisa berujung pada  perpisahan yang menyakitkan.

Namun, bukan berarti dengan perpisahan merupakan akhir dari segalanya. Melalui sebuah perpisahan seseorang mendapatkan  pelajaran yang berharga. Sejatinya perpisahan merupakan sebuah batas kebersamaan yang tidak mudah untuk dilakukan, karena sifat dasar manusia adalah untuk memiliki bukan melepaskan. Tetapi karena sebuah takdir yang tidak mengizinkan adanya kebersamaan, perpisahan adalah jalan terbaik.

Sungguh makna yang sangat mendalam, tidak diragukan lagi banyak prestasi yang diraih oleh Tulus melalui lagu " Hati-hati di Jalan". Lagu ini berhasil menjadi trending di YouTube maupun Twitter bahkan menembus tangga lagu Billboard Global 200. Selain itu, Tulus juga  berhasil memecahkan rekor sebagai penyanyi indonesia pertama yang berhasil menyentuh peringkat 126 pada minggu 20-26.

Tidak hanya itu, album manusia yang dirilisnya bahkan juga masuk ke dalam rekor  jajaran album dunia di Top Albums Debut Global Spotify pada minggu ke 4-6, dan menjadi penyanyi indonesia pertama yang lagunya paling banyak di dengar. Seperti yang diketahui bahwa Spotify  merupakan gerai musik digital yang banyak digandrungi oleh banyak orang, dengan akses yang mudah banyak lagu-lagu yang bisa di dengarkan dari berbagai mancanegara termasuk pun lagu Tulus.

 

Penulis : Dina Marga H

Editor : Mei Nurkholifah

 

Nabilla, F. 2022. 5 Fakta Album "Manusia" Tulus yang Baru Rilis, Pakai Bahasa Indonesa Elegan!. Tersedia di: https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/entertainment/2022/03/05/140839/5-fakta-album-manusia-tulus-yang-baru-rilis-pakai-bahasa-indonesa-elegan  (diakses pada 16 April 2022)

Nita, D. 2022. Lagu Tulus 'Hati-hati di Jalan' Tembus Billboard 200, Sandiaga Uno: Super Duper Bangga. Tersedia di: https://www.kompas.tv/amp/article/278521/videos/lagu-tulus-hati-hati-di-jalan-tembus-billboard-200-sandiaga-uno-super-duper-bangga?page=2 (diakses pada 16 April 2022)


TAG#media-sosial  #musik  #review  #