» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Liputan Khusus
Keluh Kesah Pemilik Tenant Amerta: “Tidak Menutup Omset Sama Sekali”
24 Agustus 2023 | Liputan Khusus | Dibaca 300 kali
Keluh Kesah Pemilik Tenant Amerta: “Tidak Menutup Omset Sama Sekali”: - Foto: Dokumentasi Pribadi
Display UKM Panca Tirta dan Amerta Candradimuka resmi digelar selama dua hari dalam waktu yang bersamaan. Namun, karena kurangnya koordinasi dari pihak panitia dan pemilik tenant pada hari pertama, muncul keluh kesah karena omset yang tidak menutup dari pihak tenant.

Retorika.id - Hari pertama Amerta Candradimuka dan Display UKM Panca Tirta telah selesai dilaksanakan pada Senin (21/8). Tenant makanan juga terlihat berada di sekitar kawasan pelaksanaan acara. Di mana pada acara Amerta dan Display UKM Panca Tirta kali ini tenant makanan dibagi menjadi dua tempat, yakni di sekitar gedung ACC atau tenant milik Amerta dan di jalanan depan GKB atau sebelum memasuki area display UKM Panca Tirta. 

Hal tersebut ternyata menimbulkan banyak keluhan dari pemilik tenant Amerta, karena mahasiswa baru yang diharapkan dapat meramaikan penjualan lebih memilih membeli di tenant display karena alur mobilisasi yang kurang imbang.

“Keluhannya itu karena sempat waktu kayak ini, baris gini ya. Ini kan sempat ada yang


break, belum waktunya dipanggil kan. Ini mereka pada mau jajan nggak boleh sama kakak-kakak yang (kaos) ungu muda. Tapi giliran sana kan harus stempel kan, ambil stempel. Itu ambil di sana,” ujar salah satu pemilik tenant Amerta 2023

Karena alur mobilisasi maba yang kurang seimbang, muncul keluhan dari tenant Amerta karena menjadi lebih sepi pembeli dan bahkan tidak menutup omset sama sekali.

“Sampai pada nangis kan (pemilik tenant) sini semua. Banyak yang buang kan, ada yang sampai 20 kg nasi buang. Bukan satu tenant aja, beberapa tenant,” tambah Bu Monic salah satu pemilik tenant 

Beberapa keluhan lainnya yang dilontarkan para pedagang adalah tidak diberikannya rundown acara oleh pihak panitia Amerta. Selain itu, tidak adanya pemberitahuan saat rapat teknis  terkait pemberian konsumsi kepada mahasiswa baru.

“Keluhannya karena nggak dibilang waktu TM itu bahwa ada konsumsi. Dan panitia katanya, waktu ditanya rundown-nya apa, itu rahasia,” ungkapnya.

Berkaca pada hari pertama Amerta Candradimuka pelaksanaan hari kedua (22/08), acara berjalan lancar dan tenant menjadi lebih ramai setelah adanya mediasi pada hari pertama. Sehingga alur mobilisasi maba diubah dan semua tenant display dan tenant Amerta sama sama mendapatkan keuntungan

“Sangat terbantu. Tapi kalau untuk bisa meng-cover yang kemarin? Belum,” tambahnya lagi.

Untuk itu, Tim Retorika sempat melakukan wawancara kepada ketua divisi sponsorship Amerta namun karena masalah internal pihak panitia tidak bisa memberikan pernyataan terkait permasalahan ini.

Panitia Display UKM Panca Tirta sendiri sebelumnya juga telah melakukan koordinasi dengan panitia Amerta bahwa akan ada tenant bazar yang akan didirikan selama Display UKM Panca Tirta.

“Kita sebelumnya sudah bilang kalau kita juga ada tenant bazar dan saya rasa panitia Amerta juga pasti tahu (terkait tenant bazar), mengenai laku tidak lakunya di sana, kami juga tidak mau tahu, mungkin dari panitia Amerta (bisa) kesempatan waktu (tambahan),” ungkap Lilah, ketua Display UKM.

 

 

Penulis: Ariati Putri M. & Shafira 

Editor: Jingga Ramadhintya


TAG#akademik  #aspirasi  #dinamika-kampus  #universitas-airlangga